Perbandingan Jaguar XE vs BMW 3-Series


Jalanan dari Munich ke arah selatan menuju pegunungan Austria menjadi tempat terbaik bagi kami untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai sedan sport Jerman terbaru. Kebetulan, salah satu sedan sport tersebut hadir dalam bentuk BMW 340i bertenaga 322 hp.

Mobil seperti ini dengan mudah menunjukkan tajinya di Autobahn Jerman. Mesinnya begitu mumpuni untuk memberikan pertunjukkan terbaik mengenai talentanya. Sasis serta sistem kemudinya telah diatur sedemikian rupa untuk menjaga stabilitas dan kontrol bodi saat melaju cepat. Jalanan Jerman memang begitu bagus kualitasnya, ditambah lagi kualitas kedua mobil yang hadir di sini pun cocok terhadap jalanan ini sehingga Anda mulai mempertanyakan mengapa di banyak negara maju justru diterapkan peraturan mengenai batas kecepatan.

Dengan BMW 340i, Anda tak perlu repot-repot melihat beragam rambu yang ada di jalanan. Ketika muncul rambu putih dengan bar diagonal hitam pada head-up display-nya, dengan mudah kecepatan Mach 2 bisa diimplementasikan pada mobil ini.




Namun Seri-3 terbaru kali ini tidak sendirian dalam menunjukkan hubungan intimnya dengan jalanan di tanah kelahirannya. Rivalnya dari Inggris, Jaguar XE S bertenaga 335 hp pun bisa melakukannya—tentu dengan caranya yang khas: dengan tingkat kelincahan lebih mapan, lebih tegas, dan lebih meyakinkan. Cara tersebut menjadi representasi asal tempat si mobil dibentuk.

Mobil terbaru, seperti manusia, berkembang sesuai lingkungannya. Hal tersebut tak terelakkan. Namun apa yang terjadi jika perbedaan asal tempat tersebut saling dihadapkan dalam waktu bersamaan? Manakah yang akan mampu menyingkirkan lainnya?

Cara pertama adalah, Anda harus menghadapkan keduanya. BMW baru saja meluncurkan versi terbaru dari Seri-3 di Munich ketika kami memulainya, dan kami meminta Jaguar untuk mengirimkan XE terbarunya melalui Channel Tunnel menuju ke tempat yang netral. Tempat tersebut adalah jalanan pegunungan Namlos Pass, tak jauh dari batas negara Austria.

Ketika sampai di sana, kami akan memulai pertempuran yang bisa berjalan terus menerus sepanjang masa. Titik pertama apakah Gaydon telah menemukan racikan terbaik untuk sedan terbaru dan paling terpentingnya pada dekade ini.

Inilah dia, perang antara Inggris melawan Jerman; model terbaru melawan sang ahli; hasil investasi terkini sebesar USD 3 miliar melawan kepiawaian selama lebih dari 40 tahun dalam menciptakan sedan kompak eksekuti terbaik di dunia secara konsisten.